Pengusaha Galau

Assalamualaikum paman google dan semua....

Well..hari ini aku ingin berbagi tentang pengalamanku pribadi sebagai seorang pengusaha pemula. Humm namanya juga pemula, banyak banget kelebihannya.. Seperti punya semangat tinggi, punya banyak ide segar termasuk ide untuk berjualan apa.

Nah! Yang terakhir ini niyy...yang harus kita waspadai. Apalagi untuk pengusaha yang modalnya pas - pasan or bondo nekat seperti aku. Karena jika tidak kita kelola, maka yang ada seperti lagu dangdut itulah "jatuh bangun aq mengejarmuuu....."

Maka tak heran, pengusaha level startup paling hobi galau..yang ditandai dengan berganti - ganti produk yang dijualnya. Hari ini jual es cendol...sebulan kemudian jual pulsa..3bulan kemudian jual jilbab..begituuu terusss gak habis2

Atau dalam waktu yang sama berani menawarkan beragam produk yang dibutuhkan costumer. Jual baju, jual jilbab, jual mukena, jual tas, jual pulsa, jual obat...hadehhh padahal modal seadanya, dan waktu cuma punya 24 jam saja. Palugada beneran daghh! alias "apa yang lu mau gue ada"

Superman bener yakk! Hayuuu..tunjuk tangan siapa yang masih jadi superman benerannn?

Nah, teman...jika usia kamu dalam berwirausaha sudah 2 tahun dan kamu masih galau juga.. Coba dech evaluasi perjalanan bisnismu. Lalu mulai focus kan pada satu jenis bisnis yang ingin kamu tekuni, karena pada dasarnya semua bisnis itu sama dan hanya akan menemui tantangan yang berbeda sesuai dengan sikon bisnis tersebut.

Jika kamu memiliki banyak bisnis dalam satu waktu yang sama, sedangkan belum ada satu jenis bisnis pun yang seattle. Maka yang ada adalah pelarian! Jika ada masalah di bisnis A, maka kamu akan mengerjakan ke bisnis B. Jika ada masalah di Binis B kamu akan berlari mengerjakan bisnis A. Kalau seperti ini, bukannya menghasilkan profit tapi yang ada kamu menghasilkan masalah buat hidupmu sendiri. N usaha kita tidak akan berkembang, karena kita selalu lari dari masalah2, yang justru jika mampu menghadapinya itu adalah cara Allah untuk menaikkan level usaha kita.

Bisnis apa yang harus kamu tekuni?? Mudah saja, saran saya cuma satu!

Fokuskan pada hal yang kamu suka! Bisnis membutuhkan passion.
Passion akan melahirkan kreatifitas,
kinerja yang baik dan daya tahan yang kuat.



Dengan modal ini, insya Allah akan membantu kita untuk survive dan terus mengembangkan usaha. Kamu bisa mulai tuliskan hal apa saja yang kamu suka dan bisa menjadi peluang usaha. Tulis semuanyaaa...apaaaaa ajaa jangan dibatasi meski mungkin saja aneh dan gak realistis. Nulis doang gratisss bro... Nah, kalau sudah ditulis semua mulailah kita filter. Pilih beberapa bisnis yang sesuai dengan sikon kita. Seperti kemampuan kita, waktu yang tersedia untuk mengerjakannya, orang - orang yang mendukung usaha tersebut, dan kesiapan dana.

Nanti akhirnya akan mengerucut pada satu pilihan. Nah! Tekuni saja pilihan itu. Insya Allah pada waktunya pasti akan menghasilkan.

Trus bagaimana jika kita sudah mulai beberapa usaha, lalu ingin menyuntik mati usaha yang lain dan fokus pada satu usaha?? Well! Mudah saja... Suntik mati saja usaha yang menghasilkan profit paling kecil, menghasilkan kesengsaraan, dan sulit berkembang. Jangan lupa, iringi setiap keputusan besar dengan sholat istikharah yoooo...

Gimana? bermanfaat? kalau bermanfaat sama2 doain dan saling nyumpahin untuk sukses ya! heheeee.......^^

Atau masih galau??? Hummm mending ke dokternya langsung aja dwehh. Ikutan program bisnis mentoring yang sudah banyak menjamur khususnya di kota - kota besar. Tapi siapkan dana yang cukup ya!

Ok semangadd pageeee!
Share on Google Plus

About Ari Asri

Assalamu'alaikum.. Saya adalah ibu rumah tangga dan wirausaha. Salam kenal semua..
Post a Comment