Yang Perlu Diketahui Saat Lebaran Haji

Sudahkah kamu tahu apa saja yang perlu diketahui saat lebaran haji? Lebaran haji atau Idhul Adha atau Hari Raya Qurban yang ummat muslim rayakan setiap 10 Dzulhijjah adalah saat - saat membahagiakan bagi kami semua, baik yang sedang menjalankan ibadah haji maupun yang belum menunaikannya. Apa saja yang perlu kita ketahui saat lebaran haji?

Puasa Sunnah Arafah, pada sehari sebelumnya atau 9 Dzulhijjah. Sebagaimana sabda Rasullah

Disunnahkan perbanyak TAKBIR pada malam Idhul Adha, ini insya Allah kita lakukan ya khususnya di Indonesia, alhamdulillah masjid dan musholla serentak mengumandangkan takbir tahlil dan tahmid. Alhamdulillah..

Sunnah sebelum sholad Idhul Adha adalah berpuasa hingga kita selesai menjalan sholat sunnah Idhul Adha. Berbeda dengan sunnah Idhul FItri yang justru sunnah nya membatalkan atau makan minum sebelum sholat Idhul Fitri ini untuk menandakan berakhirnya bulan Ramadhan dan dimulai nya bulan Syawal.

Bagi laki - laki di sunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaiknya, wangi - wangian dan berangkat sholat Id dengan berjalan kaki tidak membawa kendaraan, lalu berangkat dan pulangnya melewati jalan yang berbeda.

Membawa infaq terbaiknya ke masjid. Nahh yang ini jangan lupa yaa..dulu waktu saya kecil setiap kali berangkat tarawih selalu diberi uang orang tua untuk diamalkan di musholla, semoga yang sudah jadi orang tua bisa terus menularkan kebajikan pada anak - anak kita dan lingkungan sekitar. Aamiin.

Bagi wanita yang haid disunnahkan tetap menghadiri sholat Idhul Adha untuk mendengarkan khutbahnya. Selain itu juga untuk ajang silaturahiim, pastii deh meski tetanggaan banyak diatara kita yang gak saling ketemuan sampai berbulan - bulan, nahh..saat sholat Id semua tumplek blekk disatu tempat yaitu lapangan/ masjid. Sssstttt...tapi jgn jadi ajang ngerumpi atau temu kangen saat khotib ceramah ya..
lebaran haji

Bagi yang berkurban disunnahkan memotong sendiri hewan qurbannya, namun yang tidak bisa maka boleh menyaksikan saja. Nahh kalau yang hewan qurbannya di daerah terpencil jauhhh dari lokasi kita gimana doooongg?? Insya Allah bisa diwakilkan dengan orang lain yang kita beri amanah. Insya Allah Maha Tahu apa yang kita kerjakan.

Diharamkan berpuasa pada 10 Dzulhijjah dan 11-13 Dzulhijjah. Indahnya islam, ada hari diwajibkan dan disunnahkan berpuasa tapi juga ada lho hari diwajibkan "pesta - pesta" gak boleh puasa. Pesta dipakein tanda petik yakk...dalam arti masih dalam batas kewajaran tentunya.

Itulah yang perlu diketahui saat lebaran haji. Selamat Hari Raya Idhul Adha 1437H dan Mohon Maaf Lahir Bathin ya..


Share on Google Plus

About Ari Asri

Assalamu'alaikum.. Saya adalah ibu rumah tangga dan wirausaha. Salam kenal semua..
Post a Comment